8.02.2012

Ini Genk-ku, Mana Genk-mu?

Dulu waktu jaman sekolah, kita pasti pernah punya sekelompok temen deket yang kemana-mana selalu bersama. Itu lho yang sering kita sebut 'genk'. Kaya genk motor yang heboh akhir-akhir ini, atau genk cewek-cewek SMA yang suka jambak-jambakan trus direkam di ponsel. Biasanya rasa kebersamaan para anggotanya emang kuat, kaya 'brotherhood' gitu..
Saya selalu punya genk di tiap masa sekolah, mulai dari SD ampe jaman kuliah. Kebanyakan temen segenk ya temen sekelas. Ada yang anggotanya cewek semua, ada yang campuran juga. Duduknya deketan, kalo ujian contek-contekan, ke kamar mandi barengan, bolos juga sama-sama. Diluar genk sekelas, ada juga genk sekomplek. Bukan tetangga, maksudnya ya masih temen sekolah tapi rumahnya deketan jadi kalo pulang pasti bareng. Seru kalo inget jaman itu, maen bareng, dolan rame-rame. Biasanya di tiap sekolah ada banyak genk mulai yang eksis sampe yang biasa aja. Tapi pasti udah diakui ma seantero sekolah, misalnya si Anu segenk ma Ini ma Itu, kalo si X segenk ma si Y ma si Z. Trus ni genk cewek-cewek populer, ada genk cowok-cowok keren, dan pasti ada genk murid-murid ga populer juga heheheee... Terlepas dari pengakuan de facto, tiap genk pasti punya arti tersendiri buat para anggotanya *lebay....*
Saya jadi pengen mereview genk-genk dimana saya pernah jadi anggotanya.

GENK SNIP SNAP
Ini genk pertama saya pas kelas 6 SD. SNIP SNAP itu nama biskuit, inget dulu ada biskuit SNIP SNAP. Kalo ga salah SNIP bungkusnya biru, SNAP bungkusnya merah (ato kebalikannya, lupa...) padahal isinya sama. Bintang iklannya sepasang cowok cewek. Dan tebak siapa yang membentuk genk ini? Tak lain dan tak bukan adalah guru kelas saya sendiri. Awalnya dari pelajaran biologi bab reproduksi. Mungkin untuk mempermudah pemahaman anak SD jaman segitu tentang bagaimana proses reproduksi pada manusia, Pak Guru mencontohkan muridnya berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan. Kebetulan cewek dikelas saya cuma ada 9 orang dari 30 siswa, jadilah semua cewek pasti dapat pasangan. Untungnya di pelajaran Agama ga ada bab poliandri, kalo ada pastilah tiap cewek bisa dapat 2 pasangan kwkwkw....Genk SNIP SNAP ga cuma kompak di kelas, tapi juga diluar kelas. Kebetulan mayoritas temen-temen SD saya rumahnya deket-deket sekolah jadi kalo pulang sekolah atau lagi jeda waktu nunggu jam tambahan pada ngumpul di rumah salah seorang temen cewek. Biasanya belajar kelompok (istilah yang jadul banget :p) ato cuma sekedar bercanda-bercandaan ala anak SD. Genk SNIP SNAP otomatis bubar waktu kita lulus sekolah. Masih sempet reunian sekali dua kali waktu SMP tapi setelah itu kita masing-masing menghilang dengan kehidupan masing-masing...

GENK ANONIM
Waktu SMP seingat saya, saya baru bener-bener punya genk waktu kelas 3 SMP. SMP saya termasuk SMP bonafid di Kota saya jadi kebanyakan siswanya dari kalangan kelas atas yang ga sesuai ma saya. Bukan berarti saya kelas bawah, maksudnya pola pikirnya ga sejalan (halahhh bisa aja ngeles....) Saya punya 2 genk waktu itu, tapi semuanya tanpa nama. Yang satu genk temen sekelas, yang satu genk temen pulang. Geng temen sekelas ada 4 orang termasuk saya. Semua cewek. Dwi Resti, Yenny (dia temen saya SD) ma Kartika (yang ini termasuk jajaran cewek populer tapi ga sombong). Kartika ini yang berperan mangganti nama populer saya. Dulu dandanan saya tomboi banget. rambut cepak dan gaya bajunya juga kecowok-cowokan, sampai sering salah dikira cowok. Dia bilang nama saya ga cocok trus dia menamai saya nama yang lebih 'macho'. Nama itu akhirnya jadi nama populer saya sampe sekarang, menenggelamkan nama asli saya. Kita biasanya belajar bareng, bikin tugas bareng, ngeblokin tempat duduk buat berempat apalagi kalo mau ada ujian, kita pasti udah menyusun rencana siapa yang bertugas dateng pagi nyari tempat, siapa yang bertugas bikin contekan. Kita juga kompakan bawa bekal bareng buat makan siang kalo ada pelajaran tambahan, kadang janjian puasa Senin-Kamis bareng. Di luar kelas kita jalan sendiri-sendiri, jarang  barengan. Genk yang kedua ada 5 orang termasuk saya. Semua cewek juga. Nanny, Atika, Nyit-Nyit, ma Tutut. Ini termasuk genk sekomplek soalnya emang rumah kita deketan, masih satu perumahan. Jadi awalnya sering bareng naik angkot trus jadi deket. Kebalikan ma genk saya yang tadi, yang ini lebih sering ngumpulnya diluar sekolah. Biasanya malem kita culik-culikan. Pertama Tutut jemput Atika, trus kerumah Nyit-Nyit. Abis itu mereka nyamperin saya dan base campnya di pos ronda depan rumah Nanny karena ibunya yang paling baik sering nyuguhin makanan. Genk ini berlanjut ampe SMA, bahkan kita bergerilya cari sekolah bareng-bareng naik angkot keliling kota (jaman itu remaja naik motor masih belum populer). Kita sepakat daftar di sekolah yang bisa menampung kita semua soalnya nilai kita ga sama. Kalo daftar di sekolah A ada yang nilainya ga memenuhi syarat. Akhirnya kita kompakan daftar di SMA B yang deket ma rumah supaya kita tetep bisa sama-sama. Terharu kalo inget waktu itu.... Sampe sekarang kita masih berhubungan walaupun udah pada merantau ke segala penjuru tanah air. Kecuali Atika yang karena suatu masalah, dia memutuskan untuk memisahkan diri dari kami dan sampai sekarang ga ada yang tahu kabarnya. Tutut sekarang udah jadi Letnan di Irian Jaya, baru menikah awal tahun ini. Nanny jadi pengajar di luar Jawa dengan 1 putri. Nyit-Nyit masih jadi penjaga kota dengan 1 putri juga. Nyit-Nyit ini nama aslinya Nita, badanya tinggi kurus ga bisa gemuk. Terinspirasi dari novel LUPUS yang punya temen badannya kurus kaya kunyit dipanggil Nyit-Nyit, sayalah yang mulai mangganti namanya jadi Nyit-Nyit dan jadi populer ampe sekarang. 

GENK JUNED
Ini genk pertama saya di SMA, anggotanya masih cewek semua dan semuanya temen sekelas. Kebetulan saya sekelas lagi ma Nyit-Nyit jadi kita punya double keanggotaan :) Ini pertamakalinya saya menamai genk saya. J.U.N.E.D dari inisial nama kami; Jazzy, Ulya, Nyit-Nyit, Esti dan D... (saya). Awalnya kita cuma berempat, Ulya baru bergabung sebagai anak baru pertengahan tahun. Kegiatan kita ya cuma itu-itu aja, runtang-runtung bareng, ngecengin cowok-cowok kelas sebelah, nglirik-nglirik kakak-kakak kelas yang ganteng-ganteng, ngomongin cewek-cewek populer, ektrakulikuler bareng, bikin tugas bareng. Sekarang mereka semua juga dah pada nikah dan beranak pinak, merantau ke segala penjuru tanah air.

GENK IJO LUMUT
Kependekan dari Ikatan Jomblo Lucu dan Imut-Imut. Waktu itu kelas 3 SMA booming banget istilah jomblo dari lagunya GIGI. Banyak genk yang menamai diri mereka pake kata Jomblo misalnya JOJOBA -> Jomblo Jomblo Bahagia dan sejenisnya. Kayanya antara bangga berstatus jomblo sekaligus teraniaya karena masih jomblo hahahaaa....Pertama kalinya saya punya genk yang anggotanya campuran cewek cowok walaupun cowoknya minoritas, 2 dari 8 orang. Dan yang cewek lebih cowok dari yang cowok. Kita ga cuma genk sekelas tapi sebagian juga genk pulang bareng. Masih ada Nyit-Nyit sebagai anggota, Richfan, Bram, Ditha, Linda, Ratri ma Myrna. Banyak cerita seru ma Ijo Lumut ni, pokoknya waktu itu saya bener-bener menikmati masa SMA saya. Setelah lulus dan kuliah kita masih sering ngumpul, apalagi waktu itu kelas kami masih kompak banget ngadain halal bi halal tiap lebaran. Tapi mungkin karena dah pada sibuk dengan urusannya masing-masing, sekarang dah ga pernah lagi reuni. Kebanyakan dah pada menikah dan merantau. Paling masih saling tahu kabar dari facebook ato kadang masih sms-an.

GENK SUIT
Kenapa dinamakan SUIT? Ini dari bunyi siulan, tau kan kalo cowok suka nyuitin cewek yang lewat depan mereka. Waktu kuliah saya punya rombongan yang semuanya cewek dan lumayan cakep-cakep *haiyyyyaaaaahhhh, saya salah satunya.... kalo lagi jalan bareng ke kampus kaya rombongan fashion show gitu, sering terdengar bunyi 'suit suit' yang ga tau datangnya dari mana. Lho kok tau mereka nyuitin kita?? Ya itulah yang baru belakangan kita sadari. Mungkin bukan kita yang di'suitin', kitanya aja yang keGRan. Tapi ya udahlah...semua toh udah terjadi hahahaaaa...Jadilah nama SUIT SEVEN (kalo sekarang mungkin kaya Chibi-Chibi ya T.T). Genk ini lumayan populer di kampus. Orang-orang kalo manggil kita ga perlu repot-repot sebut nama, cukup teriak SUIT pasti dah pada tahu siapa yang dimaksud. Karena kita semua dah mahasiswa, masalah yang kita hadapi juga lebih kompleks. Oya anggota genk ini juga lebih bervariasi mulai dari daerah asal sampe karakter orangnya. Ada Ririk dari Kudus, ini temen sekamar waktu saya kos semester awal. Devi, dari Jepara, Arum, dari Demak, Ria dari Pati, Atik ma Eva asli Semarang, dan saya sendiri. 

GENK BENCONG SLEBOR SAITAMA
Aaaah...genk saya yang ini agak ga jelas. Waktu SMA, selain ma Ratri, saya punya temen pulang naik angkot namanya Galuh. Anaknya asik banget. Rumahnya cuma jarak beberapa blok ma rumah saya. Diantara rumah kami ada pasar, orangtua saya kebetulan punya toko kecil disana. Kalo saya pas lagi dinas jaga toko, Galuh sering dateng nemenin. Bahkan dia juga yang nglayanin pembeli sekaligus dia termasuk pelanggan setia. Sama Ratri juga kita sering nongkrong bareng di toko, kadang sampe malem mereka bantuin saya tutup toko. Richfan, temen di genk Ijo Lumut juga sering ikut nongkrong disana. Ntar sepulang tutup toko, kita berempat jalan-jalan dulu ngilangin galau. 
Yang kasih nama Genk Bencong Slebor Saitama malah adek cowok saya. Dari nama genk cewek SMA di Film Kartun Sin Chan. Alasanya karena yang cewek-cewek kaya cowok dan yang cowok malah kaya cewek hahaaa...Dan anehnya ga ada satupun dari kami yang protes ma nama itu :p

Semua temen-temen yang pernah ngegenk sama saya sekarang dah pada bertebaran ke penjuru tanah air, ada yang balik ke kota asalnya tapi kebanyakan merantau karena kerja dan menikah. Sebagian masih keep in touch, lainnya tak terdengar kabar beritanya. 
Remaja emang biasanya butuh genk untuk eksistensi diri ya. Mungkin dibilang ga gaul kalo ga punya genk. Sebenernya menurut saya itu bisa termasuk indikasi kurangnya percaya diri. Suka berasa ga pede aja kalo sendirian tanpa ada temen-temen segenk-nya. Pernah denger ga anggota genk motor sendirian tawuran ato konvoi di jalan? Pasti mereka beraninya keroyokan to heheee...

Genk bisa jadi positif bisa juga negatif. Positif kalo dari perngegenkan itu menghasilkan prestasi. Negatif kalo cuma buat gaya-gayaan kaya genk-genk motor itu ato genk-genk anak SMA yang suka tawuran. Sebenernya genk itu cikal bakal sebuah organisasi besar lho..Ormas-ormas yang ada sekarang itu sebenarnya adalah genk yang anggotanya banyak dan bersifat resmi. Kebayang ga sih dulu SBY ngegenk ma Hatta Rajasa dan Anas Urbaningrum. Trus mereka sepakat menamai genknya 'D', lama-lama anggotanya tambah banyak dan jadilah seperti sekarang ini hihiiiii.....

No comments: