8.05.2012

Supku Sukses

I love cooking as much as eating :) tapi hobi dan bakat adalah 2 hal yang berbeda. Sepertinya saya masih dalam taraf hobi aja tapi belum menunjukkan bakat di bidang masak-memasak. Dengan perbandingan masakan sukses dan tak sukses di angka 2:10. Thanks to my hubby yang sudah dengan besar hati menerima dan menelan hasil kreasi saya. 
Diantara yang sukses salah satunya duanya adalah Like-This Soup dan Hot Trafffic Light. Kenapa saya anggap sukses? Pertama karena rasanya emang mak nyusss dan kedua karena dari satu bahan makanan yaitu daging, saya bisa menciptakan 2 menu sekaligus. Hemat gitu... ;)

Like-This Soup
Ini sup kaldu daging. Yup, sesuai namanya sup ini tanpa daging tapi pake kaldu daging. Untuk mendapatkan kaldu yang daging banget saya menggunakan cara sederhana.
Pertama rebus daging yang udah dicuci bersih dengan sedikit air 2-3 menit saja untuk menghilangkan kotorannya. Angkat lalu buang airnya lalu rebus lagi kali ini airnya agak banyak karena ini nanti buat kuah sup. 
Tambahkan bawang putih yang udah digeprak halus dan merica bubuk. Masak dengan api kecil selama 30 - 45 menit sampe daging bener-bener empuk.
Tiriskan daging lalu masukkan bahan-bahan sup seperti biasa ke kuah kaldu. Tambahkan garam, gula pasir dan sedikit penyedap rasa.
Jangan lupa taburkan bawang merah goreng sesaat setelah sup matang.

Hot Traffic Light
Pake lombok merah dan lombok ijo kaya lampu lalu lintas di perempatan jalan :)
Daging yang tadi udah direbus dipotong sesuai selera. Bahan-bahan lainnya ada bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe hijau besar, cabe rawit (kalo pengen extra pedas), lengkuas, daun salam, buncis dipotong sesuai selera, gula jawa, garam, tomat, merica bubuk, air, kecap manis dan kecap bango pedas gurih.
Tumis bawang merah bawang putih sampe layu dan harum, masukkan cabe, gula jawa, lengkuas dan daun salam. Tumis agak lama tapi jangan sampe gosong. Masukkan daging dan buncis, tambahkan air dan masak sampe buncis lunak. 
Masukkan bumbu pelengkap lainnya, tunggu sampe kuah mengental.

Whoalaa, jadilah Hot Traffic Light disajikan dengan nasi hangat dan Like-This Soup. Pedas dan segar :D

Oya, untuk kecap pedas saya rekomendasikan Kecap Pedas Gurih Bango soalnya kecapnya kental dan berasa banget. Saya juga ga menentukan takaran bumbunya harus berapa banyak karena semua tergantung selera masing-masing. Kalo masaknya banyak ya otomatis takaran bumbunya dibanyakin. Pake feeling aja lah pokoknya...(ini kali ya yang bikin masakan saya sering ga sukses kwkwkw...)
Dan satu lagi alasan kenapa saya bilang masakan ini sukses; karena my hubby sampe makan 2 kali ^_^
Practice Make Perfect!

No comments: