8.07.2012

Belajar dari Segelas Air


Disuatu kelas, seorang Dosen sedang bertanya kepada para mahasiswanya: "menurut Anda, kira-kira berapa berat segelas air ini?" tanya sang Dosen. 



Para mahasiswa menjawab mulai dari 150 s/d 500gr. "Ini bukanlah masalah berapa berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama Anda mengangkatnya", kata sang Dosen. 

"Jika saya mengangkatnya selama 1 menit, tentu tak jadi masalah. Jika saya mengangkatnya selama 1 jam lengan saya akan terasa pegal. Dan jika saya harus mengangkatnya selama 1 hari penuh, mungkin Anda harus memanggil Ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tetapi semakin lama saya mengangkatnya, maka bebannya akan semakin berat". 

"Jika kita membawa beban kita terus-menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban tersebut akan meningkat beratnya" lanjut sang Dosen. 

"Untuk itu yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sebentar dan mengangkatnya lagi". 

Jadi apapun beban yang ada dipundak Anda saat ini, cobalah tinggalkan sejenak. Setelah beristirahat dan sekiranya tenaga sudah pulih kembali beban tersebut dapat diambil lagi. 

Bukan BERAT beban yang membuat kita stress, tetapi LAMAnya kita 
memikul beban tersebut. (Stephen Covey) 

No comments: