9.13.2012

Minum, minum dan minum #1


Waktu seraching artikel tentang diet, aku nemuin satu metode yang menarik yaitu diet dengan minum air putih. Dari semua saran-saran diet, metode ini yang paling gampang dan murah meriah. Kita cukup minum air putih kurang lebih 2 liter per hari bisa menurunkan berat badan. Hah, apa cukup dengan begitu aja trus kita bisa langsing? Karena penasaran aku cari tau lebih banyak tentang metode ini. Ternyata banyak banget manfaat minum air putih buat kesehatan kita. Akhirnya aku mulai mempraktekkan metode ini  kurang lebih 2 bulan yang lalu.
Awalnya agak susah membiasakan minum sampai 2 liter sehari, tapi aku menyiasati menakar minumku pake thumbler ukuran 500ml. Jadi dalam sehari aku setidaknya harus minum 4 thumbler, itu ga termasuk kalo aku minum teh ato minuman lainnya lho..kalo ga ada thumbler bisa pake botol air mineral yang penting tau volumenya jadi kita bisa kontrol banyaknya air yang kita minum.
Efek pertama yang aku rasakan apalagi kalo ga ‘beser’, tau kan jadi sering kebelet pipis. Harus sabar bolak-balik ke kamar mandi. Bahkan dalam satu jam aku bisa ke kamar mandi sampe 4 kali. Tapi itu cuma berlangsung sekitar 1-2 minggu, setelah itu frekuensinya mulai berkurang. Sampai sekarang emang belum ada efek dramatis yang tampak misalnya beratku susut 5 kilo ato lingkar perutku ilang beberapa centi *ngarep :p. Mungkin prosesnya emang butuh waktu tapi pasti. Badanku emang berasa lebih segar, dan aku jadi lancar BAB. Oya, aku emang punya sedikit masalah ma BAB, kadang sampe harus minum obat pencahar dan sejenisnya. Tapi sekarang lancar jaya deh...jadi makin semangat buat nglanjutin metode ini.
Aku ngumpulin berbagai artikel tentang air putih. Aku ga nemuin efek samping negatif buat tubuh kita dengan mengkonsumsi cukup air selama kita melakukan dengan cara yang benar. Cekidot yach, semoga bisa berguna.

MAKSIMALKAN MANFAAT AIR PUTIH
Sebelum kita menjelajah lebih jauh tentang manfaatnya, kita harus tau dulu aturannya. Yup, ga cuma obat yang punya aturan minum, air putih juga punya aturannya sendiri lho supaya manfaatnya maksimal. Kita  tahu kan berapa banyak air mineral yang harus kita minum setiap harinya. Ini aturannya:
1.  Minum 2 gelas 30 menit sebelum waktu makan membantu pencernaan yang baik.
2.  Minum 1 gelas setelah bangun tidur sebelum gosok gigi untuk menggantikan cairan tubuhyang hilang selagi tidur
3.  Minum 1 gelas sebelum mandi membantu menurunkan tekanan darah
4.  Minum 1 gelas sebelum tidur dapat mencegah stroke dan serangan jantung
5.  Minum air setiap abis minum jus, teh, kopi atau soda agar rasa di mulut kembali netral
6.  Minum 1 gelas air sejam sebelum berolahraga. Diperlukan 60 menit atau sejam agar air mengalir ke seluruh    otot dan mengurangi kemungkinankita dehidrasi.

Setelah tahu aturannya, ini dia manfaatnya
1.  Memperlancar sistem pencernaan
mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga anda akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.
2.  Membantu mengendalikan berat badan
Air yang diminum sebelum makan memang tidak akan secara langsung membuat berat badan kita susut maupun membuat kalori keluar dari tubuh lebih cepat. Tapi air mampu mengganjal perut sehingga kita akan merasa kenyang. Semakin sering minum air putih, bisa membantu kita menahan lapar dan mengurangi porsi makan karena perut sudah terisi.Dengan begitu porsi makan kita otomatis menjadi lebih sedikit.
3.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kalo kebutuhan air mineral dalam tubuh terpenuhi dengan baik dan meminumnya secara efektif maka kita akan jarang sakit karena sistem kekebalan tubuh menjadi aktif sehingga area-area daerah bronkus (pipa saluran pernapasan), mukosa lambung dan usus sulit diserang virus atau bakteri.
4.  Menjaga kelembaban organ di dalam tubuh
Artinya, bila organ di dalam tubuh kekurangan air, bentuknya akan semakin mengempis akibat kehilangan kelembaban. Bukan hanya organ penting dalam tubuh, tetapi juga kulit sebagai pembungkusnya.
5.  Menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yang cukup. Bila tubuh kurang cairan, darah dan getah bening akan menjadi kental karena cairan dalam darah dan getah bening disedot untuk kebutuhan dalam tubuh. Kalau sudah begitu, aliran darah tidak akan lancar karena sudah mengental. Kondisi tersebut terutama menimpa mereka yang terbebani aktivitas fisik dan pikiran yang berisiko menimbulkan beban psikologis atau stres. Bahkan, yang paling berbahaya adalah jika aliran darah menuju ke otak tersendat gara-gara kurang minum air putih.
6.  Mengatur suhu tubuh
Seseorang yang kekurangan air, suhu tubuhnya akan menjadi panas dan naik. Namun, bila konsumsi air dalam tubuh cukup, suhu tubuh pun akan normal. Manfaat keempat, air minum dalam jumlah yang cukup banyak bakal mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Ya, air mampu membersihkan racun dalam tubuh lewat keringat, air seni, dan pernapasan.
7.  Mengeluarkan racun
Cairan yang keluar dari tubuh itu adalah racun. Saat kita hanya minum sedikit, air seni dan keringat pun akan sedikit. Itu artinya, racun dalam tubuh yang keluar juga menjadi sedikit. Nah, racun yang tidak keluar itu akan menumpuk dan meracuni organ-organ yang ada di tubuh. Akibatnya, kita akan mudah sakit dan tidak bugar.
8. Mengatur struktur dan fungsi kulit. Bila tubuh kekurangan cairan, kulit akan menjadi kasar, berkerut, dan tidak segar alias cepat tua. Hal itu terjadi karena cairan yang ada dalam kulit menjadi hilang. Jadi, jangan pernah sepelekan konsumsi air 1,5 liter sehari. Pastikan garansi sehat dan bugar fisik maupun pikiran Anda dapatkan.


MITOS DAN FAKTA AIR PUTIH
Banyak hal yang tersebar tentang air mineral, atau yang biasa kita sebut dengan air putih ini. Minum 8 gelas perhari, minum air sebelum makan bisa membuat kita kurus, dan masih banyak yang lainnya. Tapi apakah semua hal itu benar? Mari kia cari tahu jawabannya di sini.
MITOS: MINUM AIR DELAPAN GELAS SEHARI
Fakta: Nyatanya, kebutuhan air per hari ditentukan oleh ukuran dan kadar kimiawi dalam tubuh. Untuk mengetahui berapa banyak air yang harus anda minum, timbang berat badan anda tiap pagi selama seminggu. Setelah mengetahui berat badan rata-rata kita, pilih satu hari dimana anda minum delapan gelas sehari.
Bila keesokan paginya berat anda berkurang, walaupun hanya setengah kilogram berarti anda membutuhkan lebih dari delapan gelas. Gantikan berat yang hilang karena dehidrasi dengan minum jus buah di pagi hari hingga berat anda kembali normal.

MITOS: MINUM HANYA PADA SAAT HAUS
Fakta: Beberapa orang tua akan mengatakan minum jika haus. Nyatanya pekerjaan sehari-hari dan olahraga dapat membuat kadar air berkurang dari tubuh secara drastis. Akibatnya otak tak dapat merespon dengan cepat bila tubuh sudah kekurangan air, kita pun dehidrasi dan otak belum mengirimkan signal haus. Bibir yang kering dan terkelupas sering dianggap tanda awal tubuh kita dehidrasi padahal itu adalah sinyal terakhir yang dikirimkan tubuh untuk memberitahu bahwa tubuh sudah benar-benar kekurangan air.

MITOS: MINUM AIR SEBELUM MAKAN DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN
Fakta: Seperti yang sudah dibahas diatas air yang diminum sebelum makan memang tidak akan secara langsung membuat berat badan kita susut maupun membuat kalori keluar dari tubuh lebih cepat. Tapi air mampu mengganjal perut sehingga kita akan merasa kenyang. Semakin sering minum air putih, bisa membantu kita menahan lapar dan mengurangi porsi makan karena perut sudah terisi.Dengan begitu porsi makan kita otomatis menjadi lebih sedikit.

BAHAYA MINUM AIR SAMBIL BERDIRI
Diriwayatkan Rasulullah Muhammad SAW  melarang kita minum disela-sela makan dan minum dengan berdiri. Itu kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa kita sadari. Ternyata penelitian ilmiah menunjukkan bahwa minum disela-sela makan dan dengan berdiri berbahaya bagi kesehatan kita. Air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk akan disaring oleh sfringer.
Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos- pos penyaringan yang berada di ginjal.
Lalu apa akibatnya jika kita minum sambil berdiri? Air yang kita minum tanpa disaring lagi langsung menuju kandung kemih. Jika air langsung menuju kandung kemih maka terjadi pengendapan di saluran ureter.
Dikarenakan banyak limbah-limbah yang tertinggal didalam ureter maka inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Hal itu merupakan penyakit ginjal yang berbahaya.
Cara mengatasinya cukup mudah yaitu biasakan minum sambil duduk dan biasakan minum air putih tidak terburu-buru.

JANGAN MINUM DISELA-SELA MAKAN
Banyak orang berpikir bahwa minum air putih di sela-sela makan bisa membantu meluruhkan makanan yang telah kita makan namun ternyata itu bisa membahayakan perut. Minum air putih di sela-sela makan justru menghambat kekuatan pencernaan perut. Buat  yang memang sudah memiliki masalah pencernaan ternyata bisa berakibat pada macam-macam konsekuensi. Perut kita secara otomatis sudah mengetahui kapan harus mengeluarkan cairan untuk melancarkan pencernaan. Jadi jika kita mulai minum air pada saat yang sama, yang sebenarnya kita lakukan adalah menipiskan cairan pencernaan yang dihasilkan untuk mencerna makanan.  Ternyata penelitian menunjukkan bahwa dengan minum sedikit air putih selama makan memang tidak akan menimbulkan reaksi, namun berbeda jika minum segelas atau dua gelas justru dapat mengganggu pencernaan.  Hal terbaik untuk minum air putih adalah sebelum dan dua jam setelah makan untuk tentunya membantu menyerapnya nutrisi.
Apabila kita minum air saat makan, air akan diserap oleh dinding usus lambung sehingga menyebabkan refluks asam dan heartburn juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin. Semakin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah, semakin tinggi kemungkinan kita menyimpan lemak di dalam tubuh.  Pastikan juga jika makanan yang kita makan tidak terlalu asin dan pedas sehingga akan memicu keinginan untuk minum air.

No comments: